Dirjen Perkebunan Melantik Pengurus Baru Dewan Rempah Indonesia

22 Dec 2016

Pengurus Dewan Rempah Indonesia Periode 2016-2020 bersama Dirjen Perkebunan

Jakarta (20/12) bertempat di Gedung Menara 165 yang berada di Jl. Tb Simatupang Jakarta Selatan satu persatu Pengurus Dewan Rempah Indonesia yang baru berdatangan dengan mengenakan seragam batik bercorakan warna merah untuk dikukuhkan atau dilantik secara langsung oleh Dirjen Perkebunan. Acara saat itu tidak hanya pengukuhan pengurus, namun sekaligus seminar nasional mengangkat tema “Rempah Masa Dulu, Masa Kini dan Masa Depan”.

Parade Jamu  Gendong Lestari

Acara yang dibuka dengan penampilan parade ibu-ibu Jamu Gendong Lestari sebagai bentuk pelestarian minuman sehat yang berasal dari rempah-rempah menjadi minuman tradisional khas Indonesia. Setelah itu, Pembacaan SK oleh Panitia dan dilanjutkan ke acara utama yaitu pengukuhan pengurus Dewan Rempah Indonesia (DRI) periode 2016-2020 oleh Dirjen Perkebunan, Ir. Bambang,MM.

Dirjen Perkebunan Ir Bambang MM

Dirjen Perkebunan memberikan ucapan Selamat kepada Kepala DRI yang baru

Pak Bambang langsung membacakan sambutan tertulis Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan,” Rempah di Indonesia telah menjadi komoditas strategis yang bisa mensejahterakan bangsa”.

Selain itu ujar Pak Bambang, “Rempah Indonesia diunggulkan. Sejarah telah membuktikan rempah Indonesia telah mendunia, bahkan bangsa Eropa berburu rempah ke Indonesia”.

“Kejayaan rempah kita masa lalu kita kejar dan kita raih lagi. Namun, perlu perbaikan pembibitan, pemasaran, dan peningkatan konsumsi dalam negeri. Untuk itu pihanya sudah menyiapkan anggaran untuk perkebunan terkait rempah-rempah pada tahun 2017 disediakan dana Rp 400 miliar,” tambah Dirjen Perkebunan Bambang.

Kepala Dewan Rempah Indonesia, Ir Gamal Nasir, MS

Setelah resmi dikukuhkan Pengurus DRI periode 2016-2020 yang diketuai oleh Ir.Gamal Nasir,MS yang sebelumnya juga pernah menjabat Dirjen Perkebunan, langsung memberikan sambutan, “Rempah kita akan bangkit lagi karena punya potensi yang luar biasa. Sejarah telah mencatat pada zaman VOC rempah Indonesia sangat diminati orang Eropa, bahkan pemerintah Belanda sampai menjajah Indonesia”.

Narasumber Seminar Nasional

Acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan menghadirkan tiga pembicara, Pertama Founder Mustika Ratu Group, Ibu DR BRA Mooryati Soedibyo, lalu Ir.Santhi H Serad,Msc Pengurus DRI dan Riady juga Pengurus DRI.

Ibu DR.BRA Mooryati Soedibyo, menurutnya kata Herbal adalah Kosmetika dari tanaman perdu, daun-daun, dan bunga-bunga. Sedangkan Jamu & Kosmetika Indonesia adalah Rempah yang berasal dari bagian tumbuh-tumbuhan yang berasal dari bagian tanaman yang secara imperik memiliki khasiat, seperti: akar-akaran, kulit pohon, biji-bijian, buah-buahan.

Setelah itu dilanjutkan pembicara kedua pemilik akun santhiserad.com sekaligus pengurus DRI, Ir.Santhi H Serad,Msc. Indonesia kaya akan ragam kuliner tradisional, Makanan erat kaitannya dengan tradisi dan perilaku masyarakat setempat.

Fungsi Sosial Makanan: Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup, Kenikmatan dan sebagai Identitas budaya. Makanan sebagai indikator asal budaya masing-masing.

Anggota Dewan Rempah Indonesia

Pembicara terakhir Pak Riadi, membahas Pentingnya Indonesia geografis. Mengapa penting, menurutnya Indikasi Indonesia Geografis dapat Melindungi Konsumen dari Barang-Barang Jelek.

Seperti halnya Lada terbaik Indonesia yang berasal dari Bangka Belitung yakni Lada Putih Muntok yang telah memiliki Indikasi Indonesia Geografis, begitupun Kayu Manis terbaik yang berasal dari Kerinci, itupun hanya 4 kecamatan yang diberi Indikasi Indonesia Geografis tidak semua daerah Kerinci termasuk kedalam Indikasi Indonesia Geografis dari Kayu Manis Kerinci. Jadi apabila ada yang mengaku-ngaku dan menggunakan nama rempah-rempah yang bukan dari daerah asalnya dan sudah terindikasi Indonesia Geografis, maka ada hukuman pidananya berdasarkan UU No.15 Tahun 2001 tentang merek.

Pemberian Cendramata

Ucaman Selamat

Setelah acara seminar, Ketua panitia memberikan cendramata kepada para narasumber. Selamat atas pengukuhan pengurus DRI yang baru, Semoga dengan pengurusan Dewan Rempah Indonesia yang baru, Rempah kita (Indonesia) bisa jaya kembali seperti dahulu kala dan para petaninya bisa sejahtera. Amin***


TAGS mediaperkebunan rempahkita Dewan Rempah Indonesia Pengukuhan Pengurus DRI


-

Author

Search

Recent Post