Jangan Sepelekan Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak

5 Oct 2016

Takshow Parenting Aku dan Ayang Happy Days Out

Peran Ayah bukan hanya sebagai kepala rumah tangga maupun pemberi nafkah bagi keluarga. Namun perannya sama pentingnya dengan peran Ibu yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan tumbuh kembang anak baik fisik maupun psikologis anak.

Jakarta, (30/09) bertempat di fashion Atrium mall kota kasablanka, Baby Happy bikin kegiatan seru sebagai wadah bermain ayah dan anak yang bertemakan ” Aku dan Ayah Happy Day’s Out ” yang digelar 30 September hingga 2 Oktober 2016. Baby Happy merupakan produk popok bayi produksi Wings Care sejak tahun 2004. Pada hari pertama, mengadakan takshow yang dipandu oleh mad Niko dengan menghadirkan Artis sekaligus Brand Ambassador Baby Happy, Dude Harlino. Lalu Psikolog Anak dan Dosen Universitas Tarumanegara,Naomi Soetikno. Dan Julie Widyawati, Marketing Manager Baby Happy.

Pentingnya Peran Ayah

Menurut Naomi Soetikno psikolog anak, ada empat unsur peran ayah yaitu structure, warm accessibility dan playing. Yang pertama maksudnya bahwa rumah tangga akan lemah arahnya jika tidak memiliki kepala keluarga yang tegas menerapkan aturan bagi anak-anaknya. Tentunya perlu di imbangi juga dengan ayah yang “warm” kepada anak-anak dimana seorang ayah dapat menjadi tempat buah hati mencurahkan isi hatinya. Lalu yang ketiga, seorang ayahharus mudah diakses oleh anak di sela-sela pekerjaannya. Hal ini membuat sang anak akan selalu merasa aman dan terlindungi walaupun sedang tidak bersama ayahnya. Dan yang terakhir playing, dimana ayah harus termotivasi untuk bermain bersama anak-anaknya.

Pentingnya peran ayah bagi usia bayi di bawah lima tahun ( Balita):

  • Pada balita usia 0-2 tahun, bermain bersama ayah akan membantu perkembangan sensor motorik.
  • Pada balita usia 2-5 tahun, bermain bersama ayah membantu perkembangan logika

“Anak yang banyak bermain bersama ayahnya logika dalam berpikir akan lebih jalan, dan akan lebih mudah bersosialisasi. Sedangkan anak yang lebih dekat dengan ibunya akan menjadi anak yang lebih hangat disebabkan sifat ibu yang lebih ‘ngemong’. Tentunya aksn sangat baik jika anak dekat secara emosional dengan kedia orang tuanya, ” ujar Naomi.

Begitu pun apa yang di paparkan Dude Harlino , Sebagai seorang ayah baru yang memiliki satu anak. Peran ayah sangat penting, makanya “Urusan mengasuh anak, saya juga ingin berperan besar di dalamnya. Walaupun tengah kesibukan sehari-hari saya, bukan alasan untuk tidak bermain dengan anak.” Saat pertama kali Dude punya anak keingin tahuan tugas menjadi seorang ayah sempat mencari informasi dan cari tahu tentang parenting juga. 

Pesan Dude bagi para ayah, untuk selalu menyiapkan waktu untuk anak karena anak tanggung jawab orang tua dunia dan akhirat. Selain waktu, kasih sayang dan sentuhan pun harus diberikan setiap hari.

Banyak manfaatnya dari seorang ayah dekat dengan anaknya, menurut Psikolog anak dari mulai aspek kecerdasan, Motorik, Sosial hingga edukasi. Ayah harus bisa mengajak bermain untuk kesenangan anak dengan bahagia bukan bermain dengan berkompetisi, untuk itu utamakan kesengannya.

Aspek Motorik terdiri dari motorik kasar, halus dan bahasa:

  1. Motorik Kasar, contohnya Ayah mengajak anak untuk mengambil mainan di bawah meja sambil merangkak.
  2. Motorik Halus, contohnya mengajak bermain sambil menggambar dan mewarnai
  3. Motorik Bahasa, contohnya mengajak bermain lewat  bangun balok-balok, Mengajarkan aturan seperti kalau bertemu dengan orang tua memberi salam, sekaligus ayah membacakan dongeng bagi si kecil.

Lalu menurut Julie, Interaksi yang intensif antara orang tua, khususnya ayah dengan bayi akan menciptakan adanya keseimbangan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi agar menjadi anak yang hebat. Oleh karena itu, baby happy mengajak para ayah untuk senantiasa berlomunikasi dan berinteraksi baik secara verbal maupun secara non verbal, salah satunya adalah dengan menggantikan popok bayi.

Booth

Playground

Para Pengunjung Takshow Parenting

 

Rangkaian kegiatan seru Aku dan ayah happy days out, selama tiga  hari dari mulai takshow parenting, baby gym, dance with dad, lomba pakai popok, lomba bayi merangkak dan masing banyak lagi. Sekaligus terdapat booth yang bisa dikunjungi seperti konsultasi pakar, bazar fashion, booth nail art & face painting hingga Foto booth. Ternyata tidak hanya di Jakarta saja masih ada 4 Kota besar di Indonesia lainnya, yakni Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar. Setelah di Jakarta dilanjutkan ke Kota Medan bagi para ayah yang kemarin di Jakarta belum sempat datang bisa pilih kota selanjutunya acranya sudah pasti seru dan menarik. Semoga dengan rangkaian. Kegiatan Aku dan Ayah Happy Days Out, Kedekatan bermain ayah bersama si kecil semakin intens sekaligus ayah mendapatkan edukasi dari takshow parenting bersama baby happy .***

 

Salam Parenting

Foto dok @cidyrus


TAGS Babyhappy Parenting Popok bayi Takshow pentingnya peran ayah


-

Author

Search

Recent Post