Program Bantuan Dana Untuk Peremajaan Lahan Perkebunan Rakyat Sawit

1 Aug 2016

Seminar Nasional Kiat Sukses Replating Sawit | Menara 165 Convention Center

Kelapa Sawit merupakan komoditi pertanian yang memberikan kontribusi devisa paling besar. Namun sayang banyak lahan milik petani yang rata-rata sudah tua tidak produktivitas lagi, Melihat hal tersebut sudah seharusnya lahan milik petani segera di Replating/Remajakan agar produktivitas kembali meningkat.

Jakarta, (26/07) bertempat di gedung Menara 165 Convention Center. Media perkebunan sebagai media dibawah binaan Direkrorat Jenderal Perkebunan memprakarsai Seminar Nasional bagi kemajuan petani kelapa sawit dengan tema “Kiat Sukses Replating Sawit & Pameran Benih Unggul Sawit” yang dihadiri oleh Dirjen Perkebunan, GAPKI ( Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia, APKASINDO ( Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia) , media dan blogger

Saat saya tiba acara seminar nasional telah resmi dibuka langsung oleh Dirjen Perkebunan, Ir.Gamal Nasir . MS. Sebelum akhir masa jabatannya, beliau mengharapkan seminar ini dapat mendukung program replanting/peremajaan kebun kelapa sawit khususnya pada kebun milik petani sekaligus dapat memberikan tambahan pengetahuan Saudara-saudara untuk melaksanakan pengembangan kelapa sawit khususnya peremajaan kelapa sawit di tanah air tercinta ini. .

”Saya menghimbau agar pembangunan kelapa sawit jangan sampai mengorbankan lingkungan hidup, tetapi justru dapat menjadi penyelamat lingkungan”. tambah Gamal Nasir.

Setelah resmi dibuka oleh Dirjen Perkebunan, Acara langsung dilanjutkan dengan seminar yang dipimpin langsung oleh ketua media perkebunan dengan narsumber dari Dirjen Perkebunan Ibu Elis, BPDPKS Pak Dedy, Sekjen APKASINDO Asmar Arsjad dan Ir.Edwin W Kowi, GM Commercial dari PT.Pinago Utama.

Sebagai paparan pertama perwakilan dari Dirjen Perkebunan, Ibu Elis. Menurutnya seminar “Kiat Sukses Replating Kebun Kelapa Sawit” hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Pertanian RI No 18 tahun 2016 tentang Replanting Kebun Kelapa Sawit.

Selain itu, “System ISPO akan ditetapkan menjadi peraturan Presiden agar dikenal oleh dunia luar”. tambah ibu Elis.

Bicara soal perkebunan kelapa sawit di Indonesia menurut saya masih perlu dukungan dan perhatian dari pemerintah agar produktivitas dapat meningkat dan petani dapat hidup sejahtera.

“Dana yang dipungut dari Sawit kembali ke Sawit” by Dedy BPDPKS

Sebagai Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS ) yang berkantor di gedung Graha Mandiri Lt.5 Jl. Imam Bonjol 61, Jakpus. Dirjen Perkebunan bekerjasama dengan BPDPKS mengeluarkan program replanting bagi petani untuk mendapatkan bantuan dana peremajaan bagi perkebunan rakyat.

“Dana yang diperoleh dari petani sawit salah satunya digunakan untuk peremajaan perkebunan bukan penanaman baru.”ujar Dedy dari BPDPKS

Adapun program peremajaan ini dilakukan dari tahun 2016 hingga 2019 sekitar 550 ribu hektar, artinya setiap tahun sekitar 130 ribu hektar yang akan diremajakan. Dengan sasaran utamanya petani swadaya, namun untuk petani plasma yang mendapatkan program peremajaan tidak terikat lagi dengan perusahaan inti atau sudah lepas dengan syarat dan ketentuan penerima dana, yakni :

  • Dana bantuan program sebesar Rp.25 juta/ hektar
  • Maksimal 4 hektar
  • Lahan Telah/berpotensi bersertifikat ISPO
  • Tergabung dalam koperasi atau Kelompok Tani
  • Memiliki kerjasama dengan bank
  • Dll

Sedangkan untuk persyaratan dokumen kelompok tani antara lain:

  • Surat permohonan pengajuan dana bantuan dari pengurus koperasi.
  • Legalitas koperasi/Kelompok tani sesuai dengan perundang-undangan.
  • Fotocopy KTP dan KK Anggota
  • Fotocopy sertifikat ISPO
  • Dll

“Kelapa sawit bukan Perusak Hutan, Kelapa sawit anugerah Tuhan,dan sudah menghijaukan Hutan tanpa ada Bantuan Pemerintah” by Asmar Arsjad, Sekjen APKASINDO

Program peremajaan ini hanya untuk perkebunan rakyat, menurut data APKASINDO Luas Kelapa Sawit Nasional 11,3 Juta ha sedangkan kebun kelapa sawit rakyat hanya 4,8 Juta ha. Dengan harapan kebutuhan para petani sawit seperti, Sertifikat Lahan, Infrastruktur, Pabrik Kelapa Sawit, Benih Bersertifikat, Tenaga Pendamping, Pupuk Subsidi, Sosialisasi ISPO dan lain-lain dapat terealisasi.

Peserta Seminar Nasional

Acara seminar sehari tersebut, saya tidak mengikutinya hingga akhir, namun dapat disimpulkan dengan program mendapatkan dana peremajaan/replating bagi perkebunan rakyat kelapa sawit merupakan upaya untuk memperbaiki mutu produksi perkebunan agar para petani lebih meningkatkan lagi produktivitasnya dengan begitu harga TBS ( Tandan Buah Segar) meningkat dan petani mendapatkan keuntungan sekaligus pemilik lahan perkebunannya mendapatkan standar sertifikat ISPO.***

Semoga Bermanfaat

 

foto: dok.pribadi


TAGS media perkebunan replanting sawit #kelapasawit seminar nasional sawit dirjen perkebunan


-

Author

Search

Recent Post