Aplikasi PRIMA Membantu Orangtua Pantau Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

26 Jul 2016

 

IDAI Meluncurkan Aplikasi Digital PRIMA | Dr.Antonius Pudjiadi, Dr.Bernie E Medise dan Dr.Aman Pulungan (kiri-kanan)

Siapa yang tidak gemas kalau lihat anak kecil sehat, lucu, bawel dan aktif. Kesukaanku terhadap anak kecil terbawa dari istri saya yang pecinta banget sama anak-anak kecil. Sepuluh tahun masa penantian yang panjang untuk memiliki buah hati tidak membuat kami sedih karena untuk menyayangi tidak hanya untuk anak sendiri, tetapi kita juga bisa berbagi kasih sayang dengan orang lain hingga kami sama sekali tidak merasa kesepian karena mereka selalu ada dalam kehidupan kami.

Memasuki usia sepuluh tahun pernikahan kami, akhirnya impian kami terwujud untuk memiliki buah hati yang sehat dan sempurna. Semasa dalam kehamilan, saya ikut memantau kehamilan istri saya dengan selalu mendampingi ketika check up ke bidan dan memberi perhatian untuk asupannya seperti mengingatkan agar selalu makan yang cukup dan bergizi.

Tiba saatnya anak kami lahir, betapa ini anugerah dan mukjijat dari Sang Maha Kuasa, apabila yang diatas sudah berkehendak maka jadilah, Setelah sekian tahun kami pasrah karena buah hati tidak kunjung datang akhirnya datang juga jika sudah waktunya.

Perjuangan belum berhenti saat dia datang, itu artinya tanggung jawab kami bertambah dengan harus memantau tumbuh kembangnya entah itu dalam hal pemenuhan gizi, imunisasi dan tahapan stimulasi sejak dini untuk menentukan kualitasnya dimasa depan.

Saya sebagai orangtua yang baru saja dikarunia buah hati tentunya merasa bahagia saat ini, usia anak saya yang baru saja menginjak satu tahun, bisa dikatakan masih dalam masa periode 1000 hari pertama kehidupan yang sedang lucu-lucunya dan aktif, pastinya perlu perhatian ekstra orangtua untuk memantau perkembangannya.

Beruntung saya selalu mendapat kesempatan untuk hadir di acara yang mengulas tentang seribu hari pertama kehidupan anak. Masa awal kehidupan seribu hari pertama adalah masa pertumbuhan paling penting atau periode emas yang tidak bisa diulang maka dari itu harus mendapatkan perhatian orangtua secara berkala dan berkelanjutan. Seribu hari pertama kehidupan yakni sejak terjadinya pembuahan dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Proses tumbuh kembang ini, merupakan periode paling kritis bagi tumbuh kembang dan penentu kualitas kesehatan anak di masa depan kelak.

Dari sejak lahir, kami ingin selalu memberikan yang terbaik buat anak, mulai pemberian imunisasi dasar hingga sembilan bulan kami tidak melewatkan untuk memantau tinggi dan berat badannya dan sesekali berkonsultasi dengan bidan seputar masalah anak.

Di lingkungan tempat tinggal kami, menurut istri saya jadwal posyandunya tidak menentu dan tidak ada pemberitahuan kepada warga sekitar, Cuma dari mulut ke mulut itu yang menyulitkan para ibu disekitar dan akhirnya membuat mereka terkadang malas datang ke posyandu.

Ditambah kesibukan kami berdua yang terkadang tidak sempat kalau harus ke fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas atau klinik. Kalau hanya sekedar memantau perkembangan anak, seperti menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan lingkaran kepala.

Tampilan App PRIMA

Melihat masalah yang saya utarakan di atas, Kini pemantuan tumbuh kembang anak secara berkala tidak perlu khawatir lagi, bahkan dapat dilakukan sendiri di rumah menggunakan smartphone melalui sebuah aplikasi digital pertama resmi hasil buah pemikiran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

IDAI Launching App Prima

Sabtu (23/07) merupakan Hari Anak Nasional , bertepatan dengan perayaan tersebut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bertempat di Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak Kiara RSCM, Jakarta Pusat. secara resmi meluncurkan aplikasi pemantauan pertumbuhan dan perkembangan yang disebut dengan aplikasi PRIMA singkatan dari (Program IDAI untuk Membangun Anak Indonesia) versi Orangtua oleh DR.Dr. Aman Bhakti Pulungan,Sp.A(K) bersama Dr. Bernie Endyarni Medise,Sp.A(K),MPH dan Dr. Antonius Pudjiadi,Sp.A(K).

Ketua IDAI, DR.Dr. Aman B Pulungan, Sp.A(K)

“Aplikasi PRIMA untuk memberikan kemudahan bagi orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak sejak dini”, ujar DR.Dr. Aman B Pulungan, Sp.A (K) Ketua IDAI saat memberikan sambutan.

Buku KIAMenurut saya, Aplikasi ini seperti halnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak ( Buku KIA) yang diperoleh setiap ibu hamil dari pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Bidan, Rumah Bersalin dan layanan kesehatan lainnya yang berisi informasi dan catatan kesehatan ibu dan anak. Namun untuk aplikasi PRIMA hanya memantau dan catatan perkembangan anak saja. Aplikasi PRIMA bisa juga menjadi catatan seputar kesehatan anak maupun database riwayat anak yang praktis dan cepat hanya dengan satu genggaman tangan(mobile).

Seperti, Pemantauan Pertumbuhan, Pemantauan Perkembangan, Pedoman Stimulasi,Pedoman Imunisasi, Pedoman Penapisan, Pedoman Nutrisi dan Pedoman Masalah Anak.

Melalui aplikasi ini, pertumbuhan anak dapat dipantau menggunakan Grafik Pertumbuhan milik Badan Kesehatan Dunia WHO dan Grafik dari CDC (Center for Disease Control and Prevention).

Sementara itu, perkembangan anak dapat dipantau menggunakan Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP). Yang telah dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan IDAI dan organisasi profesi lain, berisi sembilan atau sepuluh pertanyaan sesuai kelompok usia yang mudah dimengerti sehingga dapat digunakan oleh orangtua dengan mudah.

Saya sendiri sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi PRIMA terutama fitur materi Edukasi Orangtua dan tahap perkembangan Anak, saya dan istri sekarang jadi tahu seusia anak saya tahapan dan tanda bahaya perkembangan yang harus diperhatikan seputar pertimbangan anak. Seperti usia semua umur hilangnya kemampuan “babbling”,bicara atau keterampilan sosial, lalu usia 4 bulan tanada bahaya perkembangan motorik, kepala tidak stabil saat didudukkan.

Sedangkan materi edukasi orangtua seperti:

  • Hindari memukul atau membentak anak.
  • Bacakan anak buku cerita sebelum tidur.
  • Ajaklah anak makan bersama keluraga.
  • Gunakan air saja dan sikat gigi yang lembut, saat menyikat gigi anak
  • Saat anak minum susu mengunakan botol susu, tawarkan air putih.dll

Aplikasi PRIMA juga disertai jadwal imunisasi rekomendasi IDAI, bentuk-bentuk stimulasi untuk anak serta beberapa panduan lain untuk menjadi acuan orangtua.

“Aplikasi PRIMA versi Orang Tua ini merupakan aplikasi digital yang mudah digunakan dan gratis di unduh oleh siap saja melalui platform Android Google Playstore http://bit.ly/2a3JopE sedangkan platform iOS sedang dikembangkan” , ujar Dr.Antonius Pudjiadi.

Selain itu, “Aplikasi ini pun memiliki filosofi sebagai ciri khas Indonesia yakni “Sido Luhur” artinya Agar berhati dan berpikir luhur”, tambah Dr.Antonius Pudjiadi.

Langkah-langkah mendaftar aplikasi PRIMA untuk pertama kali:

  1. Tampilan halaman pembuka.
  2. Halaman selamat datang, kemudian menuju halaman masuk, dengan pilihan untuk DOKTER dan ORANGTUA. Anda tekan pillihan ORANGTUA.
  3. Tekan pilihan DAFTAR pada halaman selanjutnya.
  4. Anda dimohon mengisi semua isian data yang sudah tersedia.
  5. Apabila pendaftaran Anda berhasil,maka akan muncul halaman pop up. Ketika Anda memilih OK,aplikasi akan otomatis menuju ke email Anda untuk konfirmasi.
  6. Setelah Anda melakukan konfirmasi dengan menekan tautan pada email, Anda akan diarahkan kembali ke Aplikasi PRIMA untuk melakukan Log in pertama kali.
  7. Sebelum Log in,bacalah dengan seksama isi pernyataan tentang penggunaan Aplikasi PRIMA. Lalu tekan Lanjut untuk proses selanjutnya.
  8. Saat Log in,Anda dapat menggunakan Nama Pengguna atau alamat email untuk masuk ke dalam aplikasi.lalu tekan pilihan Masuk.

Catatan saja, setelah saya coba aplikasi yang baru saja diluncurkan ini masih ada fitur yang belum dapat di akses seperti ganti foto profil, ubah data orangtua dan tidak dapat di akses saat offline atau tidak ada jaringan internet.

Semoga kehadiran aplikasi PRIMA yang diprakarsai oleh IDAI selain memudahkan orangtua diharapkan juga dapat berperan aktif dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak agar menghasilkan anak-anak yang sehat, tinggi, cerdas,dan produktif . Sekaligus membangun generasi anak Indonesia yang lebih baik lagi. Amin***

Sumber foto dok.pribadi & dok IDAI

 


TAGS #sayasudahPrima IDAI Aplikasi Digital Pantau Tumbuh Kembang Anak


-

Author

Search

Recent Post