Rahasia Pentingya Menjadi #IbuPintar saat Kehamilan

3 Jun 2016

dr Bram Pradipta talkshow ibu pintar prosehat

Memiliki anak tentunya harapan semua keluarga, Namun untuk menghasilkan generasi cerdas harus menjadi #ibupintar agar kehamilannya optimal.

 

Pada hari Minggu 29 Mei 2016 kemarin, bertempat di fX Sudirman sedang ada rangkaian acara bertajuk #PestaPendidikan. Berbagai acara talkshow pun serentak dilakukan dari mulai kesehatan, ibu dan anak, parenting dan masih banyak lagi.

 

Apa sih pesta pendidikan itu? Festival publik yang digerakkan secara sukarela oleh masyarakat dari berbagai profesi, melalui bermacam lomba dan pelatihan, kampanye dan publikasi, seni dan hiburan.

 

Talkshow Pesta Pendidikan di fX Sudirman

Pokoknya fX Sudirman saat itu tidak kalah meriah dengan kegiatan carfreeday. Kebetulan saya dan istri pun menghadiri salah satu takshow seputar kesehatan dari tanyadok.com dan prosehat sebuah aplikasi pemesaran produk farmasi atau apotek berbasis digital.

 

Talkshow bersama dr. Bram Pradipta, SpOG yang membicarakan tentang kesehatan wanita dengan tema “Menjadi Ibu Pintar dengan Capai Kehamilan Optimal” .

Temanya menarik nih, bagi Ibu hamil (bumil) apalagi menjadi Ibu pintar yang sehat, kuat, dan anggun, pastinya akan menghasilkan generasi cerdas. Sebelum lebih jauh untuk bumil bisa cek berat badan sebelum hamil karena menentukan berapa optimalnya selama kehamilan.

 

Konsumsi bumil tentunya harus di jaga agar bayi di dalam janinnya dapat tumbuh kembang dengan sehat. Dimulai dari kandungan Nutrisi, Kalsium, Asam Folat dan Kebutuhan Gizi lainnya harus seimbang.

 

“Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati”.

 

Factor terpenting bagi Ibu hamil (bumil ) adalah NUTRISI. Selain itu yang mengandung Asam Folat sangat baik dikonsumsi saat mempersiapkan kehamilan, fungsinya untuk mencegah kelainan otak dan sistem saraf pusat, Kalsium fungsinya untuk menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan dan mencegah preeclampsia.

 

Bagi yang suka minum kopi saat hamil kalau bisa bumil hindari dulu, kopi mengandung kafien yang bisa menghambat penyerapan kalsium. Kadar Normal konsumsi Kalsium adalah 1500-200mcg/hari selama kehamilan.

Ibu Hamil boleh minum obat tidak? Kata dr. Bram, mengkonsumsi obat pada saat hamil perlu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar dicek aman atau tidak untuk janinnya.

Rahasia untuk mendapatkan kehamilan yang sehat:

  1. Kurangi Stress
  2. Makan Vitamin Prenatul
  3. Hindari Alkohol dan Rokok
  4. Kendali Keluhan
  5. Ideal bumil makan sedikit tapi sering karena ketup lambung ibu hamil longgar.

Menjadi ibu pintar di zaman era digital saat ini menurut saya sebenarnya sangat mudah cukup dengan menggunakan ponsel kita sudah dapat tahu informasi yang kita inginkan selain mengikuti talkshow-talkshow apalagi seputar kesehatan khususnya kehamilan informasi bisa di dapat dari website, blog, media sosial maupun portal kesehatan.

 

Namun dengan kemudahan informasi yang didapat tersebut tidak serta merta semua benar, peran ibu pintar sangat penting disini kita harus melihat sumber yang diberikan minimal yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

 

Salah satunya seperti website tanyadok.com, yang mengulas tanya jawab seputar kesehatan dan juga obat-obatan secara langsung dijawab oleh dokter. Berjalannya waktu selama hampir satu dekade di bidang kesehatan digital, dengan berlatar belakang para medis, yakni dr. Bimo, dr Agnes, dan Wiguno kerap di temui masalah penting di masyarakat Indonesia dalam hal akses layanan obat.

 

Bicara soal masalah layanan obat-obatan, akhirnya mereka (dr. Bimo, dr Agnes, dan Wiguno ) meluncurkan apotik berbasis digital atau mereka menyebutnya swalayan kesehatan online yang diberi nama ProSehat.com.

 

Prosehat menyediakan kemudahan akses untuk menebus resep dokter dan membeli obat bebas, vitamin dan suplemen kesehatan. Kehadiran prosehat tentunya sangat membantu masyarakat lebih mudah khususnya menebus obat resep, jadi pengguna prosehat kini dengan tenang bisa menunggu sambil beristirahat di rumah, obat akan diantar dari apotik resmi dengan pembayaran melalui transfer bank maupun Cash On Delivery (COD) khusus area Jakarta sedangkan untuk pesanan daerah lain metode pengiriman disesuaikan.

 

Menebus obat resep maupun mencari obat dan suplemen lainnya sekarang jadi lebih mudah, apalagi sudah tersedia melalui aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store.

 

Tidak perlu kuatir keamanan dan keaslian produk kesehatannya karena semua sudah dijamin, ProSehat bekerjasama dengan berbagai apotek lokal dan resmi yang tersebar diberbagai lokasi terutama di Jakarta. Prosehat mewakili Indonesia menjadi pemenang Seedstars World 2015.

Fitur-fitur ProSehat

 

Fitur utama dari Prosehat yakni melayani resep dokter, untuk kirim resep dengan melakukan beberapa langkah dibwah ini:

  1. Langsung kirim foto atau unggah resep dokter dari galeri foto smartphone, jangan lupa menuliskan diagnosis dokter atau kelainan yang dirasakan untuk memudahkan proses verifikasi resep.
  2. Anjutkan proses pemesanan dengan mengisi deail pengiriman dan pasien disini mungkin anda perlu daftar menjadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan.
  3. Ikuti perjalanan pesanan anda dari menu pemesanan untuk melihat verifikasi resep dari apoteker, ketersediaan stok, sampai kepada pengiriman produk ke lokasi anda.

komunitas pedas

Setelah acara talkshow bersama dr Braim Pradipta, SpOG. Dilanjutkan dengan mendengarkan pembacaan puisi dari komunitas PEDAS, pembacaan puisi tersebut sekaligus berakhirnya talkshow seputar kesehatan wanita bersama tanyadok.com dan ProSehat.

 

Semoga kita semua hidup lebih baik dan sehat pastinya dan kehadiran aplikasi ProSehat dapat membantu banyak keluarga Indonesia untuk dapat membeli obat dan menebus resep obat dengan mudah dan hemat.***

 

Salam Sehat

 

Sumber foto: dok @prosehat

 

 

 


TAGS #health ProSehat tanyadok #PestaPendidikan #ibupintar dr Bram Pradipta


-

Author

Search

Recent Post