Si Manis Yang Butuh Pencegahan “Diabetes”, Sehat itu Prioritas!!

5 Apr 2016

temublogger_lawandiabetes

 

Menjelang hari kesehatan sedunia yang jatuh pada tanggal 07 April, tahun ini mengangkat tema Diabetes sebagai topik utama dan diabetes pada anak sebagai perhatian bersama. Karena di Indonesia sendiri Diabetes dengan Komplikasi merupakan penyebab dengan kematian tertinggi setelah Jantung dan stroke. Lalu pada tahun 2015, Indonesia menempati peringkat ke tujuh dunia prevalensi penderita diabetes tertinggi bersama dengan Cina, India, AS, Brazil, Rusia dan Meksiko (IDF Atlas 2015). Ih Ngerikan.

Untuk itu Kemenkes RI mengundang teman-teman blogger untuk diskusi bareng sekaligus sosialisasi mengenai diabetes dalam acara Temu Blogger, Jumat 01 April 2016 bertempat di Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes, Jakpus. Kesempatan tersebut tentunya tidak saya sia-sia walaupun di keluarga kami tidak ada yang penyandang diabetes namun tidak salahnya kita harus mencegah sedini mungkin apalagi saat ini yang terkena diabetes bukan lagi orang dewasa melainkan anak-anak yang kelebihan berat badan yang biasa disebut Obesitas bisa terindikasi diabetes.

Acara temu blogger kemarin dengan narasumber dr.Lily.Sulistyowati, MM selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI. Bersama drg. Dyah Erti Mustikawati selaku Kasubdit Penyakit DM dan Ganguan Metabolik.

cerdik

Cegah, Obati dan Lawan Diabetes mari lakukan CERDIK dan PHBS

 

Yuk kita bahas, Apa sih Diabetes itu?

Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi. Tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas, untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. Nah, penurunan produksi dan atau pemanfaatan insulin menyebabkan yang namanya Diabetes.(tanya-jawab seputar diabetes,KemenkesRI)

Diabetes ternyata salah satu dari empat prioritas penyakit tidak menular loh, jadi kalau di keluarganya ada yang sudah terkena diabetes tidak perlu kuatir lagi karena tidak menular. Asalkan gaya hidup sehat harus dijaga.

Diabetes pun dibagi menjadi dua tipe, Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2,

Apa itu Diabetes tipe 1? Pada diabetes tipe 1 ini, tubuh benar-benar berhenti memproduksi insulin karena perusakan sel pankreas yang memproduksi insulin oleh sistem kekebalan tubuh.

Apa itu Diabetes tipe 2? Ini adalah bentuk yang lebih umum dari diabetes, terhitung sekitar 90% dari kasus. Pada diabetes tipe 2, pankreas menghasilkan jumlah yang tidak memadai insulin, atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang tersedia dengan benar. Diabetes tipe2 biasanya terjadi pada orang dewasa dan lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Tanda-tanda dan gejala umum diabetes tipe2:

  • Mata, kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan lensa membengkak dan pandangan menjadi kabur atau berkabut. Orang yang terkena diabetes mungkin menjadi mudah lelah tanpa alasan tertentu.
  • Buang air kecil lebih sering dari sebelumnya.
  • Mudah lapar dan makan lebih banyak dari biasanya.
  • Ada penurunan berat badan menskipun nafsu makan baik.
  • Cepat haus dan cenderung minum air berlebihan.
  • Luka tidak sembuh dengan mudah, sering infeksi pada kulit,gusi dan gatal-gatal di daerah genital.
  • Kesemutan di tangan atau kaki.

Sedangkan gejala-gejala diabetes tipe 1, lebih mendadak dan berat. Anak-anak sering mengeluh kelelahan, kelemahan dan kadang-kadang dapat menunjukan perilaku marah.

PHBS

Sudah saatnya #LawanDiabetes mari lakukan CERDIK singkatan dari: Cek Kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress.

PHBS adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes , pencegahannya sederhana hanya ada 2 hal yang terpenting yakni diet dan berolahraga. Namun pola hidup sehatpun harus diperhatikan seperti:

  • Makan yang manis dikurangin,
  • Makanan Berlemak dikurangin,
  • Makanan yang banyak garamnya dikurangin.

Selain itu Cek diri secara teratur, lakukan deteksi dini untuk mencegah dan memperlambat perjalanan penyakit. Lalu peyandang diabetes untuk minum obat dengan teratur dan menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah komplikasi.

Pencegahan lainnya selain pola makan yang sehat dan olahraga, bisa juga dengan makan buah salah satunya buah Stroberry , buah tersebut dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan darah tinggi.

Sudah saatnya gaya hidup sehat dilakukan sedini mungkin tidak ada kata terlambat,Yuk mari kita bersama-sama jaga kesehatan, yang berawal dari lingkungan sekitar kita untuk bisa hidup sehat. Tentunya dengan Pola sehat yang harus dijaga seperti:

  • Biasakan hidup sehat dengan diet sehat,
  • Meningkatkan aktivitas fisik,
  • Tidak merokok,
  • tidak minum beralkohol, dll.

Saya sendiri terus terang termasuk yang belum bisa gaya hidup sehat yang seutuhnya, namun saya akan mencoba dimulai dari pola makan sehat seperti halnya diatas, selain itu kurangin juga makan-makan fastfood.

Semoga dengan gerakan #Lawandiabetes menjelang hari kesehatan dunia, berkelanjut terus dikehidupan sehari-hari untuk gaya hidup sehat dan pola makan sehat, selain itu masyarakat Indonesia semakin peduli lagi dengan kesehatannya.***

Salam sehat

 


TAGS #CegahDiabetes #LawanDiabetes kemenkes RI temu blogger


-

Author

Search

Recent Post